Republic F-105D Thunderchief Military Jet -->

Mainan Militer

Mainan Militer

Saturday 17 December 2011

Jatuhnya Pesawat XB-70 Valkyrie


Valkyrie XB-70 Lepas Landas
Pesawat XB 70 Valkyrie adalah salah satu produk USAF sebagai pesawat pengebom nuklir strategis. Pesawat unik ini dirancang oleh North American Aviation pada akhir tahun 1950-an. Valkyrie mampu terbang dengan kecepatan Mach 3+ pada ketinggian 21,000 meter, sehingga dapat menghindari pesawat pencegat (interseptor), salah satu cara menghindari pertahanan anti pengebom pada masa itu. 
Dalam Formasi Uji Terbang 
Walau akhirnya proyek B-70 ini dibatalkan, tetapi sempat menghasilkan dua pesawat prototipe jenis XB-70A dan digunakan sebagai uji terbang supersonik dari tahun 1964 sampai 1969.
Pada tanggal 8 Juni 1966, setelah berpartisipasi dalam pengambilan gambar/foto "General Electric", sejumlah pesawat yang menggunakan mesin GE kebetulan sedang mengambil gambar, dan tiba-tiba sebuah pesawat F-104 meluncur mengenai bagian atas salah satu pesawat Valkyrie, pilot Starfighter tewas sementara pesawat Valkyrie terpelintir. Pilotnya selamat sementara kopilot tewas. 
Tabrakan di udara

Setelah tabrakan terpelintir

Api menjilat pesawat

Terpelintir

Akhir dari riwayat salah satu pesawat Valkyrie
Video urutan kejadian
Salah satu pesawat yang masih tersisa dipensiunkan dan dipamerkan di Museum AU AS, Ohio tahun 1969. Sampai sekarang kita masih bisa melihatnya. 
Beristirahat dengan tenang di museum bersama sahabat
Sementara itu, Uni Soviet yang kegerahan dengan proyek B-70 AS ini segera membangun MiG-25 untuk menghadapi ancaman tersebut, walau akhirnya AS sendiri menghentikan program tersebut. 
Jawaban Uni Soviet untuk B-70 Amerika Serikat
Itulah akhir dari riwayat XB-70 Valkyrie yang dijuluki Sky Giant (Raksasa Langit), hidupnya singkat tapi sanggup memberi kontribusi untuk penelitian aerodinamis AU AS. 
Model replika dari pesawat fenomenal itu bisa kita lihat disini: 
Replika XB-70 Valkyrie
Informasi lebih jauh tentang model replika pesawat XB-70 Valkyrie bisa didapati disini: 
Terimakasih, sampai jumpa pekan depan dengan cerita militer lainnya. 
See you...

No comments:

Post a Comment

Republic F-105D Thunderchief Military Jet